Cara Melihat Rekaman atau Playback CCTV

0
68
Cara Melihat Rekaman CCTV
Inilah Cara Melihat Rekaman CCTV

Bagaimana cara melihat rekaman CCTV saat berada jauh dari rumah? CCTV atau kamera pengawas lumrah dipasang di area sekitar rumah, perkantoran, maupun gedung. Fungsi kamera ini tentu untuk mengawasi dan memantau aktivitas yang tengah terjadi. Saat terjadi hal tidak diinginkan, pemilik rumah atau gedung bisa mendeteksi pelaku dengan mudah.

Cara Melihat Rekaman CCTV dari Komputer

Pemasangan CCTV sendiri bukan hal baru di tengah masyarakat. Sejak beberapa tahun terakhir, pengguna CCTV pun meningkat tajam. Hal ini disinyalir sebagai bentuk antisipasi atas tindak kejahatan yang bertambah. Dengan kamera pengawas, Anda bisa melihat rekaman dari hari dan jam tertentu secara detail.

Cara memutar kembali rekaman CCTV pun terbilang mudah, bahkan bisa dilakukan melalui komputer maupun smartphone. Untuk mengecek CCTV dari komputer, Anda bisa melakukan langkah berikut.

Membuka Langsung

Sebagian besar CCTV telah dihubungkan langsung ke komputer sebagai media pengawas. Jika Anda menggunakan cara ini, tentu tak sulit melihat rekaman CCTV dari waktu tertentu. Cukup putar rekaman dari DVR yang telah terhubung sebelumnya. Begitu pula kalau Anda ingin melihat rekaman melalui laptop. Sambungkan terlebih dahulu DVR dengan menggunakan kabel HDMI. Selain menghubungkan DVR dengan HDMI, Anda juga bisa memanfaatkan memori dari DVR dan memindahkan data ke dalam flashdisk.

Menggunakan Windows

Bila CCTV belum terhubung dengan DVR atau Anda ingin mengecek dari jarak jauh, langkah ini bisa dilakukan. Pertama-tama, install aplikasi CCTV di komputer atau laptop Anda.

Setelah itu, masuk menggunakan username dan password yang telah dibuat. Pastikan, Anda tahu IP dari CCTV yang dipasang. IP juga dibutuhkan untuk mengecek CCTV menggunakan Windows di area yang sama dengan CCTV. Kalau Anda tak ingin menginstall aplikasi, hubungkan komputer dengan jaringan LAN. Lalu masuk sebagai admin dengan memasukkan IP address yang tertera.

Mengecek Rekaman dari Gawai

Selain menggunakan komputer dan membuka langsung, smartphone bisa pula dijadikan media untuk cara melihat rekaman CCTV. Cara mengoperasikannya pun sangat mudah, seperti halnya menggunakan komputer atau laptop. Adapun hal yang perlu Anda lakukan adalah:

1.     Install Aplikasi Khusus

Mengingat perangkat CCTV tak menyediakan aplikasi khusus, Anda harus menginstalnya sendiri secara manual. Aplikasi semacam ini bisa ditemukan di Google Play Store dan tersedia secara gratis. Anda tak perlu membayar biaya sepeserpun untuk bisa mengoperasikannya di gawai. Memori yang digunakan pun tak terhitung besar, jadi masih sangat nyaman.

2.     Tambahkan Device

Jika sudah terinstal, Anda perlu memasukkan perangkat yang ingin dilihat rekamannya. Aplikasi memungkinkan Anda menambahkan beberapa perangkat CCTV yang ingin dilihat dalam waktu bersamaan. Nantinya, Anda tinggal mengecek rekaman CCTV dari manapun dan kapanpun tanpa harus menyalakan komputer. Cara kerja aplikasi ini adalah menghubungkan gawai dengan DVR yang telah dipasang sebelumnya.

3.     Pastikan IP Benar

Agar aplikasi bisa berjalan dengan baik, pastikan Anda mengisi IP address dengan benar. IP DVR tentunya telah terhubung dengan CCTV. Untuk mengecek IP address, Anda bisa melakukan pengecekan melalui Google maupun manual. Sudah tersedia banyak tutorial sederhana yang bisa membantu mengecek IP dari perangkat DVR.

Sekarang, tak perlu khawatir lagi memantau dan mengawasi kondisi rumah maupun gedung dari jarak jauh. Anda bisa melakukannya dengan mudah dan aman, bahkan hanya dari genggaman. Perangkat CCTV dan DVR memungkinkan semua kemudahan tersebut terjadi dalam satu waktu tanpa ribet. Jadi, sudah lebih paham bukan cara melihat rekaman CCTV?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here