Cara Menghubungkan IP Camera / Wifi Smart Net Camera CCTV ke Mod

0
51
Menghubungkan IP camera
Menghubungkan IP camera

Menghubungkan IP camera untuk keperluan CCTV menjadi sesuatu yang cukup membingungkan bagi sebagian orang. IP camera terdiri dari alamat yang unik dan tidak ada yang sama antara satu dengan yang lainnya. Alamat IP camera atau biasa disebut dengan IP address ada yang harus tersambung terlebih dulu dengan router dan ada pula yang sudah diatur statik.

Ketika IP camera akan digunakan, tentu IP camera harus diatur sedemikian rupa agar dapat terhubung dengan benar. Pengaturan IP camera ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Anda harus bisa melakukan setting agar kamera bisa terhubung dengan mod.

Langkah-langkah Menghubungkan IP Camera

Perhatikan langkah-langkah berikut ini jika Anda ingin mengatur IP addres sehingga IP camera dapat terhubung dengan tepat.

1.    Hubungkan IP Camera dengan PC/Laptop

Kabel yang digunakan untuk menghubungkan IP camera dengan PC/Laptop adalah kabel cross. Hubungkan IP camera yang sudah dinyalakan dengan PC atau laptop yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk memasang kabel dengan benar agar perangkat bisa terpasang dan terhubung dengan mudah.

2.    Atur IP Address

Yang harus diatur addressnya adalah IP address PC/laptop. Pengaturan ini bertujuan agar IP address milik PC/laptop sudah sesuai dengan IP address camera yang akan digunakan. Cara mengatur IP address adalah sebagai berikut:

  • Klik start windows dan pilih control panel, lalu klik network and sharing center lanjut view network status and tasks.
  • Klik change adapter settings melalui sidebar yang ada di sebelah kiri.
  • Pilih icon Local Area Connection lalu klik kanan dan pilih properties.
  • Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) pada pilihan This connection uses the following items lalu klik properties lalu OK.
  • Install software IP installer. Software ini biasanya selalu ada pada tiap IP camera yang berguna untuk mencari IP address camera dengan otomatis dan mengaturnya secara manual. Pengaturan IP address camera pada perangkat biasanya merupakan bawaan dari pabrik dan diset dalam mode DHCP. Hal ini membuat Ip addres camera akan otomatis terisi secara acak dan tidak bisa diketahui ketika dihubungkan langsung dengan PC/Laptop. Untuk itulah software IP installer ini digunakan. Software IP installer yang sudah terpasang akan mendeteksi IP camera secara otomatis.

3.    Cek IP Camera

Saat sudah berhasil menjalankan software untuk menghubungkan IP camera yang sebelumnya diinstal, maka Anda bisa memastikan IP camera sudah siap untuk dipasang dengan cara sebagai berikut:

  • Buka menu browser Internet Explorer.
  • Klik Tools, lalu pilih Internet Options.
  • Klik Tab Security, lalu pilih Custom level.
  • Klik sub menu ActiveX controls and plugins, pilih enable untuk semua option.
  • Klik OK dua kali dan abaikan apabila muncul tanda warning.

4.    Pasang Kamera

Jika setingan sudah berhasil, maka saatnya Anda memasang kamera CCTV untuk menghubungkan IP camera dengan mod. Pilih lokasi yang sesuai dengan keinginan Anda. Tarik kabel IP camera ke hub/switch yang terdekat. Apabila sudah berhasil, siapkan NVR atau istilah mudahnya adalah DVR milik IP camera. NVR ini berfungsi untuk merekam gambar yang ada dari IP camera. Sambungkan DVR ke IP camera dan CCTV pun siap untuk digunakan.

Semua setting IP address camera harus sudah berhasil dilakukan sebelum dipasang di lokasi. Saat IP address sudah tersetting, maka kamera yang digunakan bisa diatur dengan mudah. Karena itu, proses menghubungkan IP camera harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here