Lebih Unggul Mana Antara CCTV HD dan IP Camera

Ada beberapa jenis kamera CCTV HD dan IP Camera yang bisa Anda temukan di pasaran. Sebaiknya Anda harus tahu jenis-jenis CCTV tersebut sehingga Anda bisa menentukan jenis kamera CCTV apa yang sesuai dengan yang Anda inginkan dan Anda butuhkan.

Tentu ada banyak pertimbangan ketika Anda ingin membeli kamera keamanaan ini. Budget dan kualitas menjadi dua faktor utama yang perlu Anda perhatikan. Mengenai budget, hal tersebut tidak selalu sesuai dengan kualitas barang. Anda perlu tahu spesifikasi dari setiap jenis kamera CCTV HD. Selanjutnya, Anda bisa bandingkan dengan IP Camera yang sekarang ini sedang popoler.

Jenis Kamera CCTV HD

Ada tiga macam kamera CCTV HD yang bisa Anda pilih. Yang pertama adalah HDCVI. Bisa dikatakan ini adalah pioneer-nya kamera CCTV. Pada beberapa tahun yang lalu ketika produk ini pertama kali dikeluarkan, HDCVI ini dikatakan sebagai terobosan terbaru kamera keamanan. Pasalnya, kamera keamanan sebelumnya memiliki kualitas gambar yang buruk. Sementara itu, pada waktu itu HDCVI cukup memuaskan banyak orang. Kualitas kamera lebih jelas dari generasi sebelumnya. Fitur pelengkapnya adalah kabel coaxial dengan panjang hinggal 500 meter.

HDCVI CCTV

HDCVI CCTV

Jenis CCTV HD yang kedua adalah HDTVI. Ini adalah jenis kamera CCTV yang banyak digemari oleh para konsumen. Harganya yang terjangkau dengan kualitas gambar yang cukup jernih menjadikan produk yang satu ini primadona saat ini. Jenis kamera CCTV ini dibuat oleh techpoint inch pada tahun 2012.

HDTVI CCTV

HDTVI CCTV

Jenis yang terkhir adalah AHD. Ini merupakan generasi penerus dari HDTVI. Kualitas gambar lebih bagus dengan harga yang sebenarnya tidak terlampau jauh lebih mahal daripada tipe yang lain.

Dari beberapa tipe CCTV HD tersebut, sebenarnya ada pesaing baru yang memiliki teknologi terbaru, yaitu IP Camera. Lalu, apa keunggulan dari IP Camera ini?

Keunggulan IP Camera Dibandingkan CCTV HD

Sebelum mengetahui keunggulan dari IP Camera, Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa ada dua jenis IP Camera; yaitu tipe yang menggunakan kabel dan wireless. Dilihat dari tipe tersebut, banyak yang memilih IP Camera wireless karena beberapa alasan. Mereka tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang lagi untuk membeli kabel. Apalagi jika mereka harus memasang kamera ini di beberapa titik yang saling berjauhan. Itulah yang menjadi salah satu keunggulan dari IP Camera.

Selain itu, kualitas gambar tidak perlu dipertanyakan lagi. Kualitas gambar jauh lebih bagus daripada kamera CCTV analog. Kamera ini tidak hanya berfungsi sebagai keamanan, tapi juga bisa diintegrasikan dengan software untuk manejemen parkir, pengenalan wajah, dan lain sebagainya. Jadi, lebih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari IP Camera.

Hanya saja, karena kualitas gambarnya sangat bagus, Anda harus menyediakan tempat penyimpanan file dengan kapasitas besar. Selain itu, seluruh titik yang Anda pasang kamera ini harus mendapatkan sinyal internet jika Anda memilih tipe wireless. Mengenai harga, jelas IP Camera jauh lebih mahal daripada CCTV.

Tips Pasang CCTV Tanpa Keluar Budget Banyak

Dari berbagai jenis tipe CCTV HD serta IP Camera tersebut di atas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda terkendala dengan budget yang terbatas, Anda bisa memilih yang sistem wireless, apalagi jika ada banyak titik yang akan Anda pasang kamera pengawas. Dengan wireless, Anda menghemat biaya membeli kabel.

Akan tetapi, keputusan ada ditangan Anda. Temukan berbagai jenis kamera CCTV HD dan juga IP Camera di www.jakartacctv.co.id tentunya dengan harga yang sangat menarik.