TIPS DAN CARA MEMASANG CCTV SENDIRI DI RUMAH

Cara memasang CCTV di rumah – Masih banyak di antara kita yang belum mengerti cara memasang dan mengaktifkan CCTV di rumah, CCTV sendiri merupakan salah satu perangkat sistem keamanan yang berfungsi untuk memantau area yang tercover. Tujuan untuk menggunakan CCTV yang sudah jelas adalah untuk menciptakan keamanan yang maksimal dengan melakukan pemantauan secara insentif selama 24 jam non-stop. CCTV juga sangat berguna ketika ada sebuah peristiwa seperti pencurian sepeda motor yang tidak diketahui oleh pemilik rumah, tapi masih terlihat oleh kamera pemantau ini, maka wajah pelaku bisa terdeteksi.

Dan kembali ke topik pembahasan kita pada artikel kali ini yang membahas Cara memasang CCTV di rumah ataupun ruko. Berikut bisa diperhatikan beberapa langkah dan prosedur yang harus dilakukan.

CARA MEMASANG CCTV DI RUMAH

1 ) SIAPKAN KABEL

Cara memasang CCTV di rumah

Langkah pertama yang harus kita siapkan adalah kabel RG59 siamese yang terdiri dari kabel power (positif & negatif) dan kabel video. Kabel jenis ini ialah kabel standar yang biasa digunakan saat instalasi CCTV.

2 ) MENENTUKAN TITIK SPOT PEMASANGAN

Cara memasang CCTV di rumah 1

Setelah menyiapkan kabel dan menyesuaikannya, langkah selanjutnya adalah menentukan spot CCTV. Dengan menentukan daerah teritori CCTV yang tepat, segala sisi ruangan yang ada akan tercover dengan baik. Selain titik penempatan CCTV, kondisi terang dan gelapnya cahaya juga harus di perhitungkan agar mendapatkan hasil gambar yang bagus nantinya. Dan usahakan kamera CCTV selalu terlindung dari hujan atau cuaca terik, karena walaupun perangkat sudah dilindungi dengan desain body yang kuat, tapi tetap lebih baik menghindarkan perangkat dari cuaca ekstrim karena demi menjaga umur perangkat lebih panjang.

3 ) MENEMPATKAN LAYAR DAN DVR

Cara memasang CCTV di rumah 2

Cara memasang CCTV di rumah 3

DVR (Digital Video Recorder) adalah sebuah perangkat yang menjadi media penyimpanan data-data dari CCTV. DVR dan layar untuk melihat video atau gambar sebaiknya diletakkan berdekatan dengan DVR, agar mudah dipantau dan di akses.

4 ) MEMULAI PENARIKAN KABEL

Cara memasang CCTV di rumah 4

Cara memasang CCTV di rumah berlanjut dengan penarikan dan pemasangan kabel, anda hanya perlu menarik kabel ke setiap CCTV yang sudah dipasang di masing-masing CCTV. Kemduian Tarik dan pasang kabel ke DVR dan layar untuk menghubungkan CCTV, DVR, dan layar. Teknik penarikan dan pemasangan kabel ini harus presisi agar tidak banyak kabel yang terbuang sia-sia.

Dan demikian adalah tips dan cara memasang  CCTV di rumah sendirian, nah cara ini bisa anda lakukan sendiri apabiila tidak ada teknisi yang bersedia. Namun jangan ragu bila ingin membeli CCTV di jakartacctv.co.id karena disana anda akan mendapatkan fasilitas teknisi professional untuk instalasi perangkat.