Tips Memilih CCTV di Jakarta

Anda boleh berpikir bahwa semua merek CCTV di Jakarta sama, lalu berfokus pada rendahnya harga yang ditawarkan oleh penjual, tetapi CCTV dengan kualitas baik dan mampu berumur panjang tidak mungkin berkesan ‘murahan’. Berikut kami berikan beberapa tips untuk memilih CCTV di Jakarta, ketika anda mungkin mendapat terlampau banyak tawaran dari para penyedia CCTV yang membuat anda bingung:

1. Gunakan Paradigma Investasi dan Fokuslah pada Kualitas

CCTV di Jakarta

Gambar I. Analogi Investasi (Sumber: reconnix.com)

Hal pertama yang perlu anda ketahui adalah membeli CCTV tidak seperti membeli barang dagang yang mampu mengembalikan uang anda dalam waktu yang cepat. Membeli CCTV adalah hal yang akan membuat brankas anda tidak ke mana-mana, setelah anda menyisihkan dana untuk itu: ini adalah investasi, CCTV adalah aset, keduanya mengurangi risiko kerugian anda untuk waktu yang lama.

Oleh karena itu, berfokuslah pada kualitas. Seperti saat anda membeli barang-barang lainnya, ekspektasi harga dan kualitas yang anda miliki kerap tidak berada di garis yang sama. Menyediakan dana kecil, tetapi kualitas yang dapat dibeli dengan itu sangat rendah, misalnya. Merujuk kepentingan investasi yang telah disebut di awal, pilihlah CCTV dengan kualitas tinggi dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Resolusi: tingkat resolusi menentukan seperti apa gambar yang akan anda lihat di layar pemantau. Anda tentu tidak ingin melihat gambar-gambar buram karena hal itu tidak akan bermanfaat apa-apa. Perhatikanlah besaran TVL yang tertera dalam spesifikasi CCTV yang ditawarkan kepada anda. Sampai saat ini, tingkat resolusi CCTV sudah mencapai 100 TVL, bahkan lebih. Hindarilah ketertarikan pada CCTV dengan besaran TVL yang berkisar hanya di 380-420;
  • Merek: anda tidak bisa men-judge buku dari sampulnya, tetapi untuk barang elektronik apalagi produk sekuriti anda sangat perlu berasumsi soal kualitas berdasarkan mereknya. Di antara beberapa merek CCTV, anda bisa yakin pada Sony, Samsung, dan semacamnya seperti Microlexus, serta Vision Pro yang menawarkan keseimbangan antara harga yang terjangkau dengan kualitas yang terjamin;
  • Garansi: siapa pun tidak ingin membeli sebuah barang, lalu mendapati barang tersebut rusak dalam waktu kurang dari dua bulan. Maka, pastikan bahwa anda membeli CCTV dengan garansi yang lama, sekaligus jaminan bahwa anda bisa mendapatkan pelayanan perbaikan CCTV saat anda mendapati kerusakan-kerusakan atau after sales service.

2. Pastikan Kebutuhan Lokasi Pemasangan CCTV Anda

CCTV di Jakarta

Gambar II. Layar Pemantau CCTV (Dok. JA)

Terdapat dua jenis CCTV di Jakarta berdasarkan tempat pemasangan yang sesuai, antara lain CCTV indoor dan CCTV outdoor. Pastikan bahwa anda membeli jenis CCTV yang tepat karena untuk pemasangan di luar ruangan, anda perlu CCTV dengan kemampuan mereduksi cahaya matahari yang memadai, pelindung kamera dari hujan dan jenis weatherproof, dan jumlah lampu LED infrared yang cukup.

Jika anda membeli CCTV indoor, sedangkan anda perlu ia terpasang di atap kantor anda untuk memantau kondisi di luar kantor, anda akan mendapati gambar yang buruk saat memantau, bahkan menemukan kamera CCTV anda rusak tepat saat hujan turun. Oleh karena itu, sesuaikan lagi titik yang perlu anda pasangi CCTV dengan daftar belanja anda.

3. Cek Penjual Sebelum Membeli

CCTV di Jakarta

Gambar II. Ilustrasi SEO (Sumber: laseocompany.us).

Terdapat banyak perusahaan penyedia CCTV di Jakarta dan anda perlu mengecek profesionalisme yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan, sebelum memutuskan dari perusahaan yang mana anda akan membeli. Hal yang paling mudah untuk itu adalah dengan mengunjungi laman perusahaan.

Di laman sebuah perusahaan, anda bisa menilai seberapa terpercayanya perusahaan tersebut, selain anda pun bisa mengecek satu per satu jenis barang yang ditawarkan. Selain itu, laman sebuah perusahaan biasanya dilengkapi dengan konten berupa daftar customer yang pernah dilayani. Jumlah dan ‘nama’ customer yang pernah dilayani menunjukkan jam terbang sebuah perusahaan dagang dan tingkat keterpercayaannya karena sekian banyak customer tidak mungkin tertipu dalam waktu bersamaan.

Begitulah, sampai di sini, apa anda sudah siap untuk memastikan rencana pemasangan CCTV di kantor, tempat usaha, atau rumah anda, sekaligus menentukan dari siapa anda akan membeli CCTV di Jakarta? [*]