Tips Perawatan CCTV

Pemasangan CCTV memang menjadi solusi terbaik untuk mengantisipasi berbagai tindak kriminal dan memudahkan kita untuk mengungkap pelaku kriminal yang tertangkap oleh CCTV. Namun bila CCTV yang dipasang di area rumah kita tidak dirawat dengan baik, sehingga fungsinya pun tidak akan optimal dan bahkan kemungkinan besar bisa rusak. Nah, agar CCTV Anda dapat berfungsi dengan baik, berikut terdapat beberapa tips perawatan CCTV danĀ cara merawat CCTV yang benar.

Jaga kebersihan CCTV

Bersihkan CCTV Anda secara berkala. Bersihkanlah dimulai dari bagian lensa CCTV, drive unit, Housing, DVR, dan monitor. Umumnya CCTV kotor karena banyaknya debu yang menempel pada unit CCTV. Coba Anda bayangkan jika lensa CCTV Anda tertutup oleh debu, bagaimana CCTV akan merekam seisi rumah jika banyak debu halus yang menutupi lensa CCTV. Debu tidak hanya akan menghalangi pandangan dari lensa CCTV saja, melainkan juga dapat merusak sistem CCTV yang kemudian mengakibatkan CCTV rusak.

Gambar Tips Perawatan CCTV

Gambar Tips Perawatan CCTV

Cek komponen-komponen CCTV secara berkala

Komponen-komponen penting CCTV wajib dijaga dengan cara sering dicek secara berkala. Di dalam sebuah unit CCTV, terdapat beberapa komponen seperti kabel, DVR, dan koneks. Ketiga jenis komponen ini harus dalam kondisi baik agar berfungsi dengan baik pula. Jangan lupa cek posisi CCTV agar lensa CCTV menghadap lokasi yang telah ditargetkan. Bagian lainnya yang juga perlu dicek adalah penyangga CCTV agar CCTV dapat terpasang dengan baik.

Cek Pengaturan Rekaman CCTV Anda

Di setiap unit CCTV tentunya dilengkapi dengan fitur pengaturan untuk memudahkan pemilik dalam mengatur segala sesuatunya sesuai dengan kebutuhan. Pengaturan harus dilakukan secara optimal mulai dari awal penyimpanan hasil rekaman hingga terakhir CCTV merekam. Anda juga dapat mengatur kualitas hasil rekaman dengan menggunakan fitur pengaturan ini.

Periksa Keakuratan CCTV

Keakuratan CCTV juga sangat penting mulai dari keakuratan waktu (jam), keakuratan indikator, keakuratan pengendalian telemetri, dan DVR CCTV. Sebelum dipasang, sebaiknya Anda periksa bagian DVR CCTV Anda apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Backup Hasil Rekaman CCTV

Ketika kapasitas CCTV Anda telah penuh, sebaiknya lakukan backup semua hasil rekaman CCTV atau pilih beberapa hasil rekaman saja yang menurut Anda penting. Setelah disortir hasil rekamannya, kemudian Anda boleh menghapus sisanya agar kapasitas CCTV kembali besar.

Rawat DVR dengan benar

DVR pada unit CCTV merupakan komponen utama yang berfungsi sebagai perekam sekaligus penyimpan semua hasil rekaman CCTV. Jika komponen ini mengalami kerusakan, bisa dibilang CCTV tak ada fungsinya. Dalam merawat komponen DVR, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut: menempatkan DVR dengan benar, pasang komponen tambahan pendukung DVR, cek bagian dalam komponen DVR, update firmware terbaru sebagai referensi DVR versi terbaru, maksimalkan konfigurasi video CCTV, selalu memeriksa rentang waktu hasil rekaman yang berhasil direkam oleh CCTV, dan selalu periksa fitur pengaturan keamanan DVR. Dengan langkah sederhana ini, komponen DVR pada CCTV Anda tentu akan awet dan berfungsi secara optimal.

Tips perawatan CCTV

Jika beberapa cara di atas sudah Anda praktikan, kemungkinan besar CCTV milik Anda akan terus berungsi dengan baik dan selalu awet meski sudah bertahun-tahun terpasang di rumah Anda. Dengan perawatan yang baik dan dilakukan secara berkala, dapat dipastikan bahwa CCTV Anda akan tetap awet. Jadi Anda tak perlu khawatir kamera CCTV Anda akan rusak atau tidak berungsi. Demikian tips perawatan CCTV yang sederhana dan mudah diaplikasikan ini, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda para pembaca. Ingin membeli CCTV dengan harga murah dengan kualitas yang terjamin hanya ada di jakartacctv.co.id.