7 Tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik – Tidak lama lagi umat muslim akan merayakan hari raya idul fitri yang hanya tinggal menghitung hari saja, tentunya segala persiapan menjelang hari raya atau lebaran harus dipersiapkan dengan matang, mulai dari kue, baju baru, opor ayam, ketupat dan beberapa kegiatan lainnya yang sudah menjadi tradisi. Namun bagi anda yang mudik ke kampung halaman dalam waktu beberapa hari atau bahkan 1 minggu lebih, pastinya selalu was-was saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Namun anda tidak perlu khawatir akan kejadian yang tidak diinginkan, karena pada artikel kali ini kita akan membahas 7 tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran, dan berikut adalah tips-tips jitunya.

7 TIPS AMAN MENINGGALKAN RUMAH SAAT MUDIK

1 ) Matikan listrik dan cabut gas

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik 1

Selain mengunci rumah dan jendela mematikan listrik dan mencabut colokan yang menancap serta tidak ketinggalan mencabut gas juga perlu dilakukan, demi meminimalisir resiko kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran gas atau arus pendek listrik.

2 ) Hindari hal-hal yang dapat menunjukan rumah sedang kosong

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik 2

Point nomor dua ini dapat mengundang pelaku pencurian rumah kosong, demi menghindari pelaku masuk ke dalam rumah karena mengira rumah sedang tidak berpenghuni lakukan 3 cara ini agar rumah tidak terlihat kosong.

  • Usahakan rumah dalam keadaan bersih, anda bisa meminta bantuan kepada seseorang untuk membersihkan halaman rumah.
  • Selanjutnya apabila anda berlangganan majalah atau koran harian, bisa diberhentikan dulu sementara. Karena selain mubazir tidak yang baca, majalah atau koran yang menumpuk dapat menunjukan rumah sedang dalam keadaan tidak berpenghuni
  • Nyalakan lampu sesuai keadaan, lampu yang menyala terus menerus juga menandakan bahwa rumah sedang kosong, jadi mintalah bantuan tetangga yang tidak mudik untuk menyalakan lampu saat malam dan mematikannya saat siang.

3 ) Minimalisir narsis saat mudik di sosial media

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik 3

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik berikutnya mungkin sering tidak kita perhatikan, karena posting kegiatan berpergian saat mudik di sosmed memang sah-sah saja. Namun ada baiknya hal tersebut di minimalisir karena siapa tahu pelaku yang mengincar rumah anda sejak lama juga memperhatikan kegiatan anda di sosial media.

4 ) Pasang akses kontrol dan CCTV/IP camera

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik 4

Sistem keamanan yang canggih dan modern juga perlu anda tambahkan ke dalam rumah anda seperti halnya CCTV atau IP camera yang dapat memantau rumah anda selama 24 jam non-stop dan dapat langsung anda lihat dari gadget anda, dan tidak lupa juga untuk menggunakan akses kontrol khusus di pintu masuk rumah, demi menjaga pintu untuk tidak kebobolan.

5 ) Laporkan RT dan keamanan setempat

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik 5

Langkah selanjutnya guna mengamankan rumah adalah melapor kepada RT dan satuan keamanan setempat, untuk menintipkan rumah dan memperhatikan area sekitarnya. Dan jangan ragu untuk memberikan uang lebih kepada satuan keamanan untuk memantau dan mengawasi rumah anda.

6 ) Simpan barang berharga di tempat paling aman

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik  6

Tips selanjutnya adalah menaruh barang-barang berharga di tempat yang aman dan sangat tersembunyi, kalau perlu menggunakan brangkas untuk menyimpan barang seperti mas, uang tunai, surat-surat penting dan lain-lain.

7 ) Titipkan rumah kepada tetangga/ orang kepercayaan

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik yang terakhir adalah titipkan rumah dan kunci kepada tetangga terdekat atau kepada orang yang benar-benar anda percaya, anda dapat meminta tolong kepada mereka untuk sekali-kali menengok rumah dan berikan kabar kepulangan anda kepada mereka.

Demikian adalah Tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran yang semoga bermanfaat untuk anda semua, dengan menjalankan 7 tips di atas tadi akan berguna menjaga keamanan rumah anda dari pencurian ataupun musibah yang tidak diinginkan.