Beda Kamera ETLE Dengan Kamera CCTV Biasa

0
84
Beda Kamera ETLE Dengan Kamera CCTV Biasa
Beda Kamera ETLE Dengan Kamera CCTV Biasa

Kamera ETLE, Electronic Traffic Law Enforcement, merupakan sebuah kamera pengawas kegiatan di jalan. Sebagai program besutan POLRI, kamera pengintai ini difungsikan layaknya seorang polisi yang bekerja.

Karena tugas dan fungsinya yang cukup berat, lensa pendeteksi pelanggaran ini diimbangi dengan spesifikasi khusus. Selain itu, kamera ini pun terbagi ke dalam beberapa varian untuk pengawasan secara maksimal.

Pembagian Kamera ETLE

Pembagian ini dimaksudkan agar fungsinya saat memantau lalu lintas bisa sangat optimal dan fokus. Yang seharusnya merekam kejadian A tidak boleh melenceng menjadi fokus ke aktivitas B.

Hal tersebut mengurangi keefektifan dari perekam gambar ini. Ketika berhasil bekerja maksimal, boleh dibilang kamera ini sangat tepat dalam membidik. Lalu seperti apa saja penggolongannya?

Jenis yang pertama, kamera yang digerakkan untuk melacak pelanggaran terhadap marka dan traffic light. Pelanggar lalu lintas cukup sering dijumpai di jalan raya. Karena merasa tidak ada yang mengawasi, membuat mereka leluasa menerobos lampu merah. Apalagi dengan diikuti alasan terburu-buru.

Akan tetapi, pelanggaran tetaplah hal yang harus dikenai sanksi agar timbul rasa jera. Sebab, jika dibiarkan berarti tidak menjamin kepastian hukum dan membuatnya semakin rawan terjadi. Padahal, penerobosan lampu lalu lintas memicu peluang yang besar terjadinya kecelakaan yang mengancam jiwa.

Selanjutnya, ada juga pemotret keamanan ini yang bertajuk pengecekan atau disebut check point. Jenis ini dimaksudkan untuk mengawasi pengguna jalan yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengemudi yang memainkan ponsel, dan ketidakpatuhan terhadap aturan ganjil genap. Dengan demikian, lalu lintas dapat ditertibkan.

Bayangkan, ketika banyak pengemudi yang memainkan ponsel saat berkendara. Hal ini meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Yang lebih parah, bisa terjadi kecelakaan fatal beruntun yang memakan cukup banyak korban jiwa. Karena itu, sebaiknya simpan dulu gadget saat berkendara.

Spesifikasi Spesial Kamera ETLE

Mengingat tugasnya yang sedemikian rupa, kamera ini harus mempunyai spesifikasi khusus. Fitur-fitur yang dimiliki harus mampu mencangkup semua fungsi yang dibebankan kepadanya. Yang paling utama, resolusi kamera harus tinggi untuk menghindari ketidakjelasan gambar yang terekam. Berikut spesifikasi spesial kamera pengawas lalu lintas yang berbeda dari kamera CCTV biasa:

Mengandung Teknologi ANPR

ANPR adalah kepanjangan dari Automatic Number Plate Recognition. Teknologi ini bisa mendeteksi nomor plat pengguna jalan yang tertangkap telah melakukan pelanggaran.  Hal yang demikian akan memudahkan pihak kepolisian untuk mengenali pelanggar.

Setelah didapatkan nomor plat kendaraan, sistem akan menelusuri data lengkap pemilik. Mulai dari nama, alamat, dan lain-lain. Data yang muncul kemudian ditindaklanjuti. Penggunaan ANPR juga bisa diketahui status kendaraan yang dipakai pelanggar, apakah itu resmi miliknya atau justru curian.

Bisa Menembus Kaca Gelap Mobil

Meskipun menggunakan kaca film yang gelap, kamera ini tetap bisa menjangkau hingga aktivitas di dalamnya. Walaupun terjadi di malam hari, lensa pemantau ini tetap tajam dalam membidik. Dengan begitu, akan diketahui apakah pengemudi menggunakan sabuk pengaman atau tidak, juga akan tertangkap apabila ia memainkan ponsel saat berkendara.

Jadi, kamera ETLE dinilai lebih canggih daripada kamera CCTV biasa. Hal ini bertujuan agar kamera pengawas lalu lintas ini mampu bekerja secara prima mengawasi kegiatan lalu lintas. Sekaligus menjadi pendorong ketertiban berlalu lintas. Pemanfaatan kamera ini dinilai bisa mereduksi pungli dan suap oleh pelanggar lalu lintas. Jadi, apakah Anda akan memakai kamera jenis ini atau CCTV biasa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here