Tips Membeli CCTV

paket samsung 8 ch

Closed Circuit TeleVision(CCTV) merupakan barang yang banyak dicari saat ini karena sangat berguna untuk mengurangi potensi terjadinya tindak kejahatan.

Saat ini banyak sekali vendor pemasang dan penjual CCTV yang beredar di pasaran dengan berbagai macam merek dan jaminan layanan yang diberikan. Tentu saja apabila anda tidak familiar dengan teknologi ini, anda pastinya kebingungan dengan segala macam tipe dan layanan dari vendor yang ada.

Berikut adalah 6 tips sederhana sebelum Anda membeli dan memasang CCTV camera:

1. Pilihlah jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan anda. 

Untuk mengetahui tipe kamera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka perlu diketahui terlebih dahulu apa tujuan Anda memasang CCTV, dimana posisi titik pemasangan kamera CCTV, jarak pandang yang ingin didapatkan, kondisi pencahayaan, dan sebagainya.

2. Kualitas CCTV dan Kabel yang ditawarkan

Jangan mudah terpancing dengan penawaran paket CCTV super murah. Ada baiknya sebelum membeli, kita bertanya terlebih dahulu mengenai kualitas gambar, ketahanan produk dan kabel yang digunakan. Untuk standar CCTV, biasanya kabel yang dipakai adalah kabel RG6 (Bagus) dan kabel RG59 (Cukup). Seandainya kabel yang diberikan adalah kabel murah seukuran kabel mouse, maka sebaiknya anda berhati2 karena kualitas kabel tidak sesuai dengan standar CCTV

3. Garansi

Sama seperti peralatan elektronik lainnya, tentu saja CCTV system juga memiliki kemungkinan terjadinya kerusakan atau cacat produksi. Untuk hal itu, perlu Anda ketahui garansi yang ditawarkan, lama garansi, dan cakupan garansi. Standar Garansi adalah 1 tahun sampai dengan 2 tahun tergantung dengan kapasitas Vendor CCTV.

4. Demo Produk Sebelum Membeli

Jika Anda kurang yakin dengan kualitas gambar, model CCTV, dan cara kerja sistem CCTV yang hendak dipasang, mintalah vendor CCTV Anda untuk melakukan demo produk terlebih dahulu. Pastikan Anda melihat langsung hasil rekaman CCTV yang dihasilkan, apakah bisa remote via internet atau smartphone (jika kebutuhan Anda adalah remote monitoring), dan sebagainya.

5. Pengalaman dari Vendor CCTV

Ini merupakan salah satu faktor yang membedakan antara perusahaan CCTV dan freelance tidak jelas yang banyak sekali beredar di pasaran. Sebelum memutuskan akan memasang CCTV, sebaiknya kita bertanya terlebih dahulu mengenai pengalaman dari vendor tersebut dan pastikan bahwa mereka memang kompeten dalam memasang CCTV. Karena akibat dari kelalaian ini dapat menyebabkan kerusakan di lokasi tersebut akibat kurangnya pengalamanan dan bahaya lainnya seperti kecelakaan kerja

6. After Sales dari Vendor CCTV

Sekali lagi, tidak semua orang paham dengGan hal teknis dari sebuah CCTV system. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui ketentuan layanan (terms of service) dari vendor CCTV Anda jika seandainya terjadi masalah atau jika dibutuhkan training pemakaian dan basic setting. Sebaiknya vendor tersebut juga harus bisa mudah dihubungi sewaktu-waktu, memiliki alamat kantor yang jelas, dan telah berpengalaman dalam instalasi CCTV.

Berhati-hati sebelum membeli akan memberikan kepuasan dan keamanan tambahan seperti yang kita inginkan.

Untuk konsultasi lebih lanjut, anda bisa menghubungi sales kami di 021-58901514 atau kirim email ke [email protected].

Tetap aman dan waspada, Salam JakartaCCTV