Baca Perbedaan antara CCTV dan IP Camera, sebelum anda menentukan pilihan.

IP camera ada salah satu teknologi terobosan dari CCTV  analog dan mulai menggeser eksistensi dari CCTV  tersebut. Kinerja yang lebih baik dan konfigurasi lebih mudah, menjadikannya alasan kenapa sekarang dipilih oleh banyak orang. Dan pada artikel kali ini akan membahas perbedaan antara CCTV dan IP Camera.

Untuk pembahasan tentang spesifikasi CCTV dan Ip camera cukup membuat kita bingung, karena terlalu banyak dan beragam merk serta model yang di jual dipasaran. Tujuan artikel ini adalah untuk menyederhanakan penjelasan tentang keduanya, sekaligus memberi pegetahuan bagi anda yang sedang ingin memasang cctv atau ip camera dan membantu anda membeli sesuai kebutuhan.

Perbedaan antara CCTV dan IP Camera

CCTV Analog

CCTV (Closed Circuit Television) adalah sebuah perangkat yang dapat merekam gambar dan video, alasan terciptanya CCTV sederhana untuk meningkatkan keamanan di daerah sekitar, untuk mengurangi tindak kriminal dan merekam kejadian yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Resolusi CCTV beragam tergantung merk dan jenisnya ,dan untuk saat ini hanya terbatas pada resolusi 720×575. 720 pixel merupakan besar pixel yang mendefinisikan resolusi horisontal dan 575 merupakan besar pixel yang mendefinisikan resolusi vertikal.

Untuk bisa mendapatkan gambar dari kamera cctv, ada sebuah kabel yang disebut coax yang bisa di ginakan. CCTV analog tersebut terhubung pada sebuah teltevisi analog pula. Untuk merawat kompatibilitas denagn televise analog dan membuat televise tersebut mudah digunakan untuk menampilkan dan merekam kegiatan di sekitar lokasi. Sinyal yang dikeluarkan oleh kamera harus sama dengan sinyal yang biasa digunakan oleh televisi.

Ada 2 jenis standar sinyal analog untuk televisi yang pupuler di dunia, pertama NTSC, NTSC merupakan jenis sinyal cctv yang di gunakan oleh jepang dan Amerika utara. Kedual, PAL yang merupakan jenis sinyal yang banyak digunakan oleh Negara-negara di dunia, terutama di eropa. Selain itu 2 jenis standar sinyal tersebut, ada juga sinyal bernama SECAM, tetapi bukanlah sinyal standar yang digunakan pada CCTV.

Tetapi untuk saat ini apabila anda ingin menggunakan pemakaian cctv hendaknya berpikir kembali, meskipun sudah bisa merekam video melalui kabel coaxialyang disalurkan ke dalam DVR (Digital Video Recorder) masih menggunakan sinyal analog, namun rekaman cctv masih memilki banyak Noise ketika merekam gambar.  dihasilkan. Jadi hasil akhir dari CCTV analog mungkin tidak maksimal (cenderung besar) dan cenderung masih banyak kekurangannya.

IP Camera

IP camera merupakan teknologi dan terobosan dari CCTV analog, hasil gambar yang didapat tentu lebih bagus ketimbang pendahulunya. IP camera langsung di transmisikan melalui koneksi jaringan yang tersedia berupa “data”. Besarnya ukuran data tersebut sebelumnya telah di sesuaikan dengan protokal jaringan yang telah di gunakan. Penggunaan IP camera bisa langsung terkoneksi dengan internet yang memungkinkan anda untuk melihat video live dari gadget yang telah di install softwarenya. Lebih mudahnya bisa di katakan jika IP Camera merupakan komputer sederhana yang digunakan untuk merekam video atau mengakses video.

Sebenarnya IP camera adalah sebuah computer yang menjalankan operasi sistem namun berbeda dengan PC anda. IP camera ini menawarkan sebuah sistem yang fungsinya telah di atur dan fitur tersebut tidak bisa ditambahkan oleh penggunanya. Dengan begitu resolusi yang didapatkan bisa sampai 10.000×20.000 pixel, anda juga bisa mengatur agar bisa merekam video dengan resolusi sebesar 800×800.

Kesimpulannya

Bila anda ingin menggunakan sistem keamanan CCTV dan IP camera, ada beberapa faktor  yang harus anda pertimbangkan adalah apabila anda ingin membandingkan harga, harga IP camera memang lebih mahal daripada CCTV namun hal yang perlu diketahui bahwa 1 IP camera memilki angle yang lebar setara dengan 2 atau 3 CCTV sekaligus dan gambar yang dihasilkan pun lebih jernih.

Demikian adalah penjelasan singkat dan jelas tentang perbedaan antara CCTV dan IP camera, untuk membantu anda semua dalam menentukan pilihan sistem keamanan di rumah, kantor, gudang ataupun ruko anda.