Kamera CCTV Buram? Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?

0
80
Kamera CCTV Buram
Penyebab Kamera CCTV Buram

Jika kamera CCTV buram pasti akan membuat proses pengawasan kurang maksimal karena sangat mengganggu. Terdapat banyak faktor penyebab dari permasalahan satu ini, dimana salah satunya adalah adanya jamur pada kaca CCTV yang diakibatkan oleh kelembaban udara.Tenang saja, ini adalah permasalahan sepele yang masih bisa diatasi hanya dengan menunggu beberapa waktu semakin lama embun akan memudar secara perlahan.

Pengaruhnya bukan dari kerusakan CCTV itu sendiri, tapi mengganggu pengawasan dimana seharusnya Anda bisa melihat lokasi yang tertangkap kamera dengan jelas. Tapi, masalah ini sudah terjadi berulang kali atau bahkan buram berlangsung dengan waktu cukup lama, maka dapat dipastikan bahwa terdapat penyebab lain yang harus secepatnya ditangani.

Karena, bisa saja penyebabnya berasal dari sistem, kerusakan kamera, atau lainnya. Jadi, jika sampai terjadi masalah sekecil apapun sebaiknya Anda melakukan pengecekan agar mengetahui dimana letak masalah atau gangguannya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Jika Kamera CCTV Buram

Jika Anda adalah salah satu pengguna CCTV, sebaiknya mengetahui berbagai informasi tentang kamera CCTV buram serta cara mengatasinya. Jadi, Anda tidak lagi panik dan bisa mengatasinya dengan baik.

1.     Kaca CCTV Mengembun atau Berdebu

Kotornya kaca adalah masalah sepele yang masih bisa diatasi dengan cara membersihkanya dengan air atau pembersih kaca. Anda bisa melakukan pengecekan secara rutin guna menghindari masalah gambar buram atau tidak jelas. Bahkan semua CCTV pasti pernah mengalami kamera CCTV buram yang disebabkan oleh masalah satu ini. Jadi, Anda tidak perlu bingung membeli baru selama keadaan kamera masih bisa berfungsi dengan baik.

2.     Titik Putar Kamera Kurang Tepat

Jika dirasa keadaan kaca pelindung kamera masih dalam keadaan bersih, maka Anda bisa coba untuk memastikan apakah titik putar kamera sudah tepat pada titik fokus zoom in dan zoom out atau belum. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa memutar baut dan menyesuaikan dengan tampilan di monitor apakah sudah pas. Dengan demikian Anda bisa menyesuaikan titik fokus dengan mudah.

3.     Berada di Tempat yang Terdapat Cahaya Berlebih

Pada awal pemasangan CCTV, semua pengguna diminta untuk bisa menentukan titik mana yang akan dipantau. Tapi, pada pengaturannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena Anda harus menyesuaikan dengan dimana letak yang pas agar kamera tidak rusak atau dapat memberikan hasil monitor yang baik. Tidak sedikit yang mengalami masalah hasil kamera CCTV kurang jelas karena tempat peletakannya terlalu banyak menampung cahaya. Dampaknya akan silau dan tidak bisa menunjukkan gambar dengan baik.

4.     Menurunnya Ampere pada Adaptor

Terakhir adalah menurunnya ampere pada adaptor. Pada masalah ini Anda tidak diminta untuk mengganti CCTV baru, melainkan mengganti adaptor yang lama dengan baru saja. Harganya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan membeli CCTV baru beserta perangkatnya.

Jadi, perlu Anda ketahui bahwa hampir semua CCTV mengalami permasalahan ini. Jangan terburu-buru untuk membeli kamera baru karena dengan mengganti adaptor saja Anda sudah bisa mendapatkan hasil yang jernih seperti semula. Maka dari itu informasi seperti ini cukup penting bagi Anda.

Keempat faktor penyebab kamera CCTV buram tersebut adalah masalah yang masih bisa diatasi. Berbeda dengan kerusakan CCTV seperti gagal produksi dan rusaknya konektor memaksa Anda harus membeli kamera pengawas baru. Oleh karena itu, mulai dari proses pemasangan harus dilakukan dengan baik.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here